Thursday, 9 June 2022

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP, Lengkap!

Butuh petunjuk tentang cara mengirimkan aplikasi melalui email ? Tidak yakin di mana mendapatkannya? Jangan khawatir, di artikel Tekno Greetings ini Anda akan menerima proses lamaran lengkap dan detail melalui email. Baca dan ikuti dengan seksama beberapa tutorial dan instruksi yang akan saya bagikan.

cara mengirim lamaran lewat email

Tentunya di zaman modern seperti sekarang ini, dimana teknologi informasi terus berkembang memudahkan segala aktivitas dan urusan manusia, termasuk surat menyurat seperti pengiriman lamaran kerja ke perusahaan.

Dulu, banyak pencari kerja yang mengirimkan dokumen atau bahkan melamar langsung ke perusahaan atau kantor yang mengiklankan lowongan pekerjaan. Tetapi sekarang setelah Anda memiliki ponsel cerdas dan akun email, Anda dapat mengajukan permohonan dengan cepat dan, tentu saja, dengan benar.

Mengirim lamaran melalui email pasti memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cara biasa. Pencari kerja dapat dengan lebih mudah dan terjangkau mengirimkan dokumen lamaran melalui email karena tidak perlu lagi membayar biaya amplop, prangko, perangko, dan biaya lainnya.

Bagi perusahaan yang memposting sendiri lowongan pekerjaan, tentunya akan lebih praktis untuk meminta calon karyawan melamar melalui email, karena hal ini akan mengurangi jumlah dokumen yang dihasilkan dan diabaikan.
Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook, Lupa Password dan Alamat Email
Jadi bagaimana Anda mengirim aplikasi ke ponsel Anda melalui email? Simak dan pelajari tutorial berikut ini.

Cara mengirim lamaran lewat email

Sebelum beranjak ke tutorial cara mengirim email lamaran yang baik dan benar, alangkah baiknya jika anda bisa memberitahukan terlebih dahulu apa saja yang perlu anda persiapkan secara umum.

hal-hal yang harus dipersiapkan

akun email #1

Tentu saja, untuk mengajukan aplikasi melalui email, Anda harus memiliki akun email terlebih dahulu. Jika Anda tidak memilikinya, buatlah menggunakan layanan pembuat email gratis seperti Gmail . Saya tidak akan membahas cara membuat email di artikel ini karena sudah banyak digunakan di Google jika Anda melakukan pencarian.

Harap perhatikan bahwa saat menulis email, kami menyarankan Anda membuat dan menggunakan alamat email dengan nama asli Anda. Ini dilakukan agar terlihat profesional dan merupakan faktor dalam cara Anda mengirim email permintaan sehingga Anda dapat menelepon dengan cepat.

Jika Anda menulis email menggunakan aplikasi browser, setelah pembuatannya berhasil, Anda perlu menambahkan alamat email yang baru saja Anda buat di ponsel Android Anda. Lihat artikel saya sebelumnya tentang cara menambahkan akun Gmail untuk membantu Anda dalam hal ini.

#2 Pindai file aplikasi

Biasanya berkas yang perlu Anda lampirkan pada email lamaran adalah ijazah, dokumen identitas diri (KTP), sertifikat, foto dinas dan dokumen lainnya tergantung persyaratan dari perusahaan tempat Anda ingin bekerja.

Jika Anda memiliki printer multifungsi, Anda dapat merujuk ke artikel tentangcara menggunakan printer untuk memindai dokumen hingga mendigitalkan file aplikasi . Atau, Anda dapat menggunakan kamera ponsel cerdas Anda dengan aplikasi Android bernama Camscanner .Pelajari bagaimana Anda dapat menggunakan Camscanner untuk membantu Anda.

Harap perhatikan bahwa setiap file yang dipindai memiliki ukuran maksimum 2 megabita, dan jika demikian, harap ikuti persyaratan format file yang disyaratkan perusahaan. Biasanya, format file aplikasi mirip dengan .doc/.docx, .pdf, .jpg, dan .png. Silahkan baca artikel cara convert file word ke pdf dan cara convert file pdf manual jika anda tidak tahu cara mengikuti format yang anda inginkan.

3 Lamaran dan Curriculum Vitae (CV)

Langkah selanjutnya adalah menulis aplikasi dalam format Microsoft Word atau PDF. Namun, beberapa perusahaan juga mengharuskan surat lamaran ditulis tangan, jadi Anda harus memindainya bersama dengan file terlampir di atas.

Misalnya, ada banyak situs web dan blog di Internet yang membagikan email dalam format PDF, gunakan Google untuk mencari dan mengunduh. Anda dapat mencari berdasarkan kata kunci, misalnya, permintaan email untuk gelar sarjana atau gelar setara.

Dan untuk membuat resume (CV) , Anda bisa menemukan template resume yang bagus dan menarik di website penyedia gambar gratis bernama Freepik . Yang harus Anda lakukan adalah mengunggahnya dan kemudian mengeditnya sedikit, mis. B. di bidang fotografi, identitas, sejarah pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, pengalaman, dll. Dengan cara ini Anda akan belajar bagaimana mengirim email resume yang baik dan benar pada saat yang bersamaan.

Langkah-langkah mengirim email lamaran ke HP

Langkah-langkah mengirim email aplikasi tidak jauh berbeda dengan email yang saya bicarakan di artikel sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengeceknya kembali kali ini.

Di bawah ini saya hanya memberikan contoh cara mengirim aplikasi email ke aplikasi Gmail hanya di ponsel android Anda. Sedangkan untuk aplikasi email di laptop, tampilannya tidak akan jauh berbeda.

#1 Masukkan alamat email bisnis dan subjek email Anda

Buka aplikasi Gmail yang harus Anda instal di ponsel Anda, lalu klik ikon + untuk mulai membuat email baru.

menulis pesan email baru

Bidang Dari secara otomatis diisi dengan alamat email yang Anda gunakan. Pada langkah pertama ini, Anda hanya perlu mengisi kolom Subjek dan Subjek . Untuk melengkapi bidang Kepada, pastikan untuk memasukkan alamat email yang benar dari perusahaan yang Anda lamar agar surat lamaran Anda sampai ke perusahaan tersebut.

mengisi email perusahaan dan subjek

Kemudian, untuk menyelesaikan suatu subjek, beberapa perusahaan terkadang berencana untuk menyelesaikannya saat mereka mengirim email lamaran kerja. Tetapi jika tidak, Anda biasanya dapat mengisi subjek email yang menunjukkan lowongan : nama Anda , misalnya penerbit aplikasi: Muhammad Nursidik .

#2 Tulis badan email lamaran

Langkah selanjutnya, tulis teks email aplikasi yang menjelaskan maksud dan tujuan pengiriman email tersebut. Yang terpenting saat melengkapi teks surat ini jangan terlalu panjang, karena bisa jadi HRD mengabaikan permintaan Anda.

contoh body email lamaran kerja

Anda dapat mengikuti teks dari contoh email aplikasi pada tangkapan layar di atas atau mencarinya di sumber lain yang tersedia secara online.

# 3 Sertakan persyaratan dan kirim suratnya

Kemudian lampirkan semua dokumen yang diperlukan yang telah Anda kumpulkan. Untuk melakukannya, klik ikon penjepit kertas di sebelah kiri tombol "Kirim" dan pilih "Lampirkan File" .

lampirkan file

Telusuri ke lokasi tempat Anda menyimpan file aplikasi, pilih semua, lalu klik Buka .

melampirkan berkas lamaran

Semua permintaan Anda akan dilampirkan di bawah badan surat. Lihat dulu apakah masih ada yang tertinggal atau tidak. Setelah memastikan semuanya benar, klik tombol Kirim yang memiliki ikon pesawat kertas.

mengirimkan lamaran lewat email
Untuk mengirim permintaan melalui email telah selesai. Email yang Anda kirim akan disimpan di email yang Anda kirim dan Anda hanya perlu menunggu perusahaan membalas email Anda dengan kabar baik.

Menyimpulkan

Anda perlu mempersiapkan cara mengirim aplikasi email yang baik dan benar ke ponsel agar dapat melakukan panggilan telepon dengan cepat seperti formulir dan resume. . Tata cara pengiriman lamaran melalui email adalah dengan mengisi alamat email perusahaan dan subjek email, menulis badan email, melampirkan persyaratan dan mengirimkannya.

Kali ini adalah tutorial cara mengirim email ke aplikasi . Saya berdoa agar Anda segera mendapatkan pekerjaan. Terima kasih telah mengunjungi kami dan sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Spesifikasi Notebook ASTON UMPC, Notebbook yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Fitur teknis ASTON UMPC Mobile PC . Aston UMPC adalah produk yang unik dibandingkan dengan laptop high-end lainnya. Ini untuk menerapkan f...